Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Jasa Desain Interior

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Jasa Desain Interior

Memiliki rencana untuk mendesain rumah, item rumah apa saja yang penting untuk menjadikan rumah nyaman dan indah. Beberapa jasa desain interior akan berbagi informasi mulai dari item paling utama dalam sebuah rumah, seperti kitchen set, area televisi, sofa, lantai, rak, lemari, serta ruangan kosong lainnya akan dimanfaatkan sebaik mungkin.

Seorang desain interior harus peka dengan kebutuhan Anda serta tau sisi ruang mana yang dapat dimanfaatkan untuk membuat ruangan semakin menarik dan nyamanbagi pemiliknya. Mereka punya keterampilan mengolah benda di sekitarnya menjadi benda yang fungsional. Mendesain ruangan seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang kerja, dan ruangan lain merupakan tugas utama desainer interior.

Apakah Anda berencana akan menggunakan jasa desain interior? Untuk membuat tata ruang yang tepat dengan estetika yang indah, memang sebaiknya bisa menggunakan desain interior. Banyak kelebihan menggunakan jasa mereka, namun ada juga beberapa resiko jika Anda kurang teliti dalam memilihnya.

Kelebihan Menggunakan Jasa Desain Interior

1. Perencanaan yang rapi mulai dari konsep sampai pembuatan interiornya. Desainer dapat merencanakan gambaran desain yang tepat untuk hunian Anda. Selain itu, mereka juga dapat merencanakan budget serta layout item yang telah di desain.
2. Perhitungan budget menjadi lebih mudah. Pemilik rumah dapat mengajukan budget. Sebaiknya perhitungkan budget di awal agar sesuai dengan kebutuhan.
3. Proses produksi yang tepat, mulai dari tukang interior memiliki gambaran dari desainer tersebut. Pada umumnya, tukang sudah pandai dalam hal produksi. Namun untuk tata ruang pasti ditentukan oleh desainer tentunya disesuaikan dengan keinginan Anda.
4. Meminimalisir resiko yang tidak sesuai harapan dari pemilik rumah.
5. Pengerjaan setiap detailnya lebih profesional, mulai dari perencanaan budget, konsep, desain, produksi, sampai pengerjaan. Perusahaan jasa desain interior telah memiliki sistem kerja yang jelas.

Resiko menggunakan jasa desain interior

Selain memiliki kelebihan, ada juga kekurangan dalam menggunakan jasa desain interior. Berikut beberapa resiko saat menyewa jasa desain interior tersebut.
1. Mendapatkan vendor yang kurang profesional sehingga akan beresiko dalam pengerjaan ada masalah yang tidak dapat diselesaikan
2. Marketing kurang transparan, sering terjadi dalam dunia interior saat memberikan informasi di awal, terkadang ada yang mereka janjikan, namun tidak sesuai harapan.
3. Kualitas bahan yang dipakai tidak dijelaskan. Sudah umum jika klien tidak begitu paham tentang bahan bangunan. Anda harus bertanya apakah kualitas bahannyasesuai seperti yang Anda inginkan.
4. Biaya over budget, sudah jadi hal umum jika mereka membanderol dengan harga yang tidak wajar, apalagi jika berpatokan dengan area mahal serta klien orangkaya. Meskipun pemilik rumah dapat membayar, namun kurang tepat jika penetapan harga berdasarkan subjektif.

Pada dasarnya menggunakan jasa desain interior memang lebih baik daripada merencanakan sendiri. Dengan mempertimbangkan setiap resiko tersebut, Anda dapat lebih teliti memilih perusahaan desain interior.

Nafisa